Penilaian diri Madrasah ialah sesuatu proses penting saat tingkatkan kualitas pendidikan dan peningkatan instansi pendidikan Islam. Untuk pastikan keberlanjutan dan kenaikan performa, bukti fisik benar-benar dibutuhkan sebagai dasar penilaian diri. Penilaian diri Madrasah mengikutsertakan penghimpunan dan analitis bukti fisik yang meliputi beragam faktor, seperti management, evaluasi, fasilitas dan prasarana, dan pengendalian sumber daya.
Salah satunya bukti fisik yang bisa jadi pemikiran dalam penilaian diri Madrasah ialah infrastruktur fisik. Madrasah semestinya mempunyai sarana yang ideal untuk memberikan dukungan aktivitas evaluasi, seperti ruangan kelas yang sangat nyaman, perpustakaan yang komplet, dan laboratorium atau sarana praktikum yang ideal. Bukti fisik ini menggambarkan loyalitas Madrasah untuk membuat lingkungan belajar yang aman.
Seterusnya, bukti fisik berkaitan management Madrasah bisa diketemukan dalam peraturan dan proses yang tercatat. Beberapa dokumen ini meliputi rencana evaluasi, mekanisme penilaian, dan dasar pengendalian sekolah. Penilaian diri Madrasah perlu mengecek kebersinambungan implikasi peraturan ini dan seberapa jauh pengendalian Madrasah jalan efektif dan efisien.
Disamping itu, tersedianya bukti fisik berbentuk hasil ujian dan penilaian pelajar bisa jadi tanda perolehan evaluasi. Nilai ujian, rapor pelajar, dan portofolio evaluasi ialah bukti nyata yang menggambarkan seberapa jauh pelajar sudah kuasai materi pelajaran. Penilaian diri Madrasah perlu memerhatikan data ini untuk menilai kesuksesan program evaluasi.
Pengendalian sumber daya adalah faktor penting pada penilaian diri Madrasah. Document keuangan, laporan pengeluaran, dan pendataan asset ialah bukti fisik yang menggambarkan transparan dan responsibilitas pengendalian sumber daya Madrasah. Penilaian diri harus bisa mengenali apa sumber daya yang dipunyai telah dimaksimalkan bagus untuk memberikan dukungan aktivitas evaluasi dan peningkatan Madrasah.
Dalam penilaian diri Madrasah, keterlibatan stakeholder, seperti guru, pelajar, orangtua, dan warga, bisa jadi bukti fisik. Survey, interviu, atau tatap muka partisipatif bisa memberi deskripsi mengenai kepuasan dan keinginan mereka pada Madrasah. Ini bisa jadi dasar untuk pembaruan dan peningkatan selanjutnya.
Dengan pertimbangkan bukti fisik dari beragam faktor itu, Madrasah bisa mengenali kemampuan dan kekurangan dan membuat beberapa langkah pembaruan yang nyata. Penilaian diri yang didasari bukti fisik memberi dasar yang kuat untuk peningkatan Madrasah dengan berkesinambungan dan tingkatkan kualitas pendidikan Islam.
Berikut Kumpulan Berkas Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Lengkap dapat dilihat pada link berikut di bawah ini:
- Rekap Daftar Hadir Siswa Ibadah
- Rekap Pelanggaran tata tertib Siswa
- Rekap Daftar Kehadiran guru
- Hasil Supervisi Kamad & Resume Hasil Supervisi
- Rekap Daftar Absensi Siswa
- Rekap Siswa yang Membaca Meminjam buku
- Daftar Penugasan Guru
- Resume hasil Pertemuan Rapat
- Contoh Resume Hasil Pertemuan PBM
- Sertifikat Pelatihan Kamad
- Rekap Daftar guru Aktif KKG MGMP
- Rekap Daftar guru Aktif Pelatihan Workshop
- Contoh Sertifikat Pelatihan TU
- Daftar guru yang menyusun RPP dan 1 Contoh RPP
- Daftar Guru yang Menggunakan Metode Pembelajaran
- Rekapitulasi Guru yg Menggunakan Metode Sesuai
- Daftar Guru Menggunakan Media Pembelajaran
- Rekapitulasi Guru yg Menggunakan Media Pembelajaran Sesuai
- Daftar Guru Penilaian Outentik
- Rekapitulasi Daftar Guru yang Melakukan Penilaian Ulangan Pengamatan
- Daftar guru membuat perencanaan,Remedial dan konseling
- Jadwal Remedial Pengayaan dan siswa yang mengikuti
- Daftar Buku Teks dan Cetakan
- Daftar Guru yang Menggunakan Alat Bantu PBM
- Daftar Alat Peraga yang Tersedia di Madrasah
- Rekapitulasi Daftar Guru yg Menggunakan buku Teks Digital dlm PBM
- Rekap Daftar Buku Teks Digital yang di Miliki Siswa (D5)
- Rekapitulasi Daftar Buku Teks dan Buku Digital yg dimiliki siswa
- Daftar Hadir Pertemuan dalam rangka penyusunan RKAM
- Daftar Guru dan Tendik Bantuan Transp Pelatihan
- Bukti Penyerahan Laporan Keuangan Kepada Kemenag dan Komite